Tips Merawat Burung Gelatik | Pecinta Burung Kicau

Tips Merawat Burung Gelatik



Gelatik

              Burung gelatik batu merupakan burung yang sangat indah dan memiliki kicauan yang sangat merdu tidak kalah dengan burung kicauan jenis lainya, burung ini memiliki ciri yang khas agar para penggemar mudah mengenalinya. tubuh berukuran kecil kira kira kurang lebih 13 cm. warna tubuh burung ini berwarna hitam, abu-abu dan putih, pada area kepala dan kerongkongan berwarna hitam serta terdapat bercak putih disisi muka. terdapat setrip purih pada sayapnya.

burung jenis ini memiliki sifat yang energik sangat lincah, aktif bergerak naik turun di pucuk pohon atau areal tanah. burung jenis ini senang berburu dalam kelompok/koloinya atau berpasangan, dialam bebas jenis burung tersebut memakan berbagai jenis serangga, biasanya burung jenis ini sering kali berkembang biak pada bulan april-juni


PERBEDAAN BURUNG JANTAN DAN BETINA

        Perbedaan pada burung gelatik batu jantan adalah terletak pada  garis hitam yang melingkari leher memanjang ke dada sampai ekor. Sedangkan pada betina garis hitam tersebut hanya sampai dada saja, Sangat mudah bukan untuk dapat membedakan burung jantan dan betina kususnya untuk para pemula? pada burung gelatik batu muda juga sudah terdapat ciri garis hitam ini khususnya pada burung pada jantanya walaupun warna tersebut agak samar. Jadi walau kita mendapatkan bakalan muda hutan dapat langsung membedakan antara burung betina atau burung jantan.




PERAWATAN SEHARI-HARI BURUNG GELATIK BATU




          Perawatan harian burung gelatik batu ini tidak begitu merepotkan cukup dimandikan dengan disemprot saja lalu dijemur. dan melatih mental burung dengan sering di gantang dengan burung lainya seperti ciblek atau burung dengan ukuran yang hampir sama agar mendapatkan variasi suara yang cukup bervariasi . untuk memancing agar rajin berkicau lebih baik dengan burung yang sudah gacor. Burung ini tidak begitu pintar meniru suara burung lainnya. dahulunya gelatik batu dipelihara untuk mastering burung kicau yang sudah populer seperti kacer ,murai batu, anis dan lain-lain




PAKAN BURUNG GELATIK BATU




          Pakan yang dapat di berikan kepada burung gelatik batu jika burung tersebut sudah memakan voer halus bisa juga diberikan ulat kandang , ulat hongkong maupun jangkrik yang berukuran kecil bisa diberikan tiap hari agar menambah birahi burung tersebut supaya dapat berkicau, Apabila sudah rajin berkicau berikan kroto tiap 2 hari sekali.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...